Senin, 09 Juli 2012

Perjalanan awalku setelah lulus dari SMA


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Mengawali tulisan awal saya sebagai pelajar yang telah lulus dari sekolah menengah atas, disini gue sambil mendengarkan lagunya the script yang pas banget untuk merenungi suasana hati yang sedang cerah dan berawan.

Tidak terasa aku telah menggangur selama 3 bulan. tidak dapat menghentikanku untuk terus mencari suatu aktivitas atau kegiatan yang dapat menunjang siang suntuk-ku ini. jujur saja menurut pendapatku yang membuat salah tingkat penggangguran remaja saat ini adalah karena setelah mereka lulus dari sekolah ada beberapa orang yang tidak mengisi waktu nganggurnya tersebut untuk belajar sehingga pada prinsipnya ketika ada tes snmptn dan umpn mereka terbawa suasana santai saat liburan nganggur tiga bulanan itu akibatnya banyak juga yang tidak lulus dan akhirnya memustuskan untuk berhenti mencari ilmu dan fokus pada mencari kerja. sekali lagi saudara-saudara ini merupakan opini saya sendiri.

Bukan bermaksud sombong atau besar hati, sebenarnya aku telah di terima di PPNS (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)  dan diterima di jurusan Teknik Perpiapaan Diploma 4 sebelum UNAS berlangsung atau dikatakan pada bulan maret karena waktu itu aku mengikuti seleksi melalui PMDK, sungguh bersyukur kepada Tuhan Allah yang maha esa. tapi karena terbawa kecenderungan di lingkugan rumah terus menerus jadinya hati ini membutuhkan penyaluran perasaan kepada orang lain. maka dari itu ketika dea (seseorang yang tak perlu disebutkan dan dipublikasikan) mengajakku untuk jalan bareng. aku hanya bisa selalu bersemangat merdeka, senang dan gembira.


 


itulah lambang jurusan teknik perpipaan yang ingin kutunjukan. banyak juga dan tidak terpikirkan olehku bahwa mau dibawa kemana aku setelah lulus dari sarjana ini nanti. banyak orang tua dari kolega dan saudara kerabat bahwa jika aku lulus dengan baik nanti aku bisa bekerja di kawasan industri seperti pabrik pupuk, semen, minyak, pengeboran lepas pantai dan menjadi perwira karir. tapi itulah sebagai suatu banyaknya pandangan sebelum kita tahu ilmu yang kita pelajari dapat berguana untuk apa kelak.

memang benar aku juga tidak ingin terus dibayangi mimpi-mimpi harapan palsu yang notabenya hanya masih didalam angan-angan. tapi sudah lama sekali juga ketika aku pertama kali memakai twitter dan mencari gambar tentang bekerja di suatu off shore pengeboran minyak di lepas pantai, terbayang ketika perekrutan calon anggota astronot NASA mencari seorang engineer untuk mengebor permukaan asteroid yang besar itu pada film armagedon. sungguh suatu fantasi yang ingin kulakukan.

aku juga tidak lupa walaupun kelak aku tidak dapat menjadi anggota TNI, aku harus tetap bisa dapat mengabdi dan memberikan kontribusi nyata pada negara-ku ini, merdeka !!!. makanya pada gambar background twitterku ada orang-orang engineer sedang hormat kepada sang sak merah putih.




terus belajar kawan-kawan !, berusaha raihlah cita-citamu setinggi langit semampu yang kau bisa lakukan dan jangan pernah lupa untuk terus bermimpi. walaupun dulu aku ingin masuk ke Universitas Diponegoro semarang jurusan oceanografi dan niatku ku-urungkan tetapi aku tetap bersyukur karena masih dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. demi orangtua-ku bangsa dan negaraku.

0 komentar:

Posting Komentar